Senin, November 03, 2008

Mulai MPASI

Minggu 26 Oktober 2008, Kay mulai MPASI.

Sehari sebelumnya, saya kesana-kesini cari Gasol, merk tepung beras organik khusus MPASI. Pertama saya hubungi agen Gasol Bekasi. Si pemilik ternyata sudah siap-siap pergi, sementara tokonya sudah tutup saat saya telpon. Dia lalu memberikan telpon Ibu Ika si pemilik Gasol. Menurut Ibu Ika, pengiriman baru bisa Senin. Wah! Besok Kay sudah mulai MPASI.

Akhirnya beliau info Gasol tersedia di Total buah cabang Kelapa Gading. Saat saya kesana, Gasol habis. Lalu saya ke Total buah Kelapa Gading II, alhamdulillah Gasol masih banyak dengan beragam rasa. Saya beli Gasol tepung beras merah, beras wangi dan kacang hijau.

Minggunya, saya buatkan Kay bubur susu tepung beras merah dan juga bubur pisang. Ternyata Kay kurang suka bubur susunya, mungkin karena rasanya tawar. Mulutnya dikatup rapat-rapat tiap disuapi bubur susu. Kemudian saya ganti dengan pisang sunpride.

Ada pengalaman memilukan tentang bubur pisang.
Saat suster mengerok pisang, saya sudah wanti-wanti agar tengahnya jangan diambil. Namun si suster merasa sudah pengalaman, keukeuh tengahnya diambil (alasannya bagus karena banyak lemaknya) hingga menyisakan tengah sangat tipis. Kekhawatiran saya terbukti, Kay terkena sembelit, menangis dan menjerit-jerit saat mau pup. Saya pun berlinangan air mata sambil memeluk Kay yang sedang kesakitan. Melihat saya dan Kay menangis, si suster pun minta maaf dengan wajah sangat menyesal.

Sejak itu saya yang meracik sendiri bubur buahnya Kay, yaitu pisang, pepaya dan alpukat (variasi hanya 2 jenis buah tiap maem) plus ASI saya giatkan lagi agar sembelitnya sembuh. Lumayan semangat Kay maem bubur buah. Meski harus di-entertain tiap maem, tapi bubur buahnya selalu habis. Jika saya hendak pergi pun, saya sempatkan membuatkan makanan Kay, baru saya pergi. Pulangnya, saya beri ASI.

Alhamdulillah pagi ini Kay sembuh dari sembelit, bahkan saya dan suster kecolongan pup, karena saat hendak dimandikan baru ketahuan ternyata Kay sudah pup dari beberapa saat yang lalu. Dia tidak menangis lagi seperti sebelumnya tiap pup. Saya putuskan hari ini Kay maem bubur susu lagi (masuk minggu ke-2 MPASI).

Mudah-mudahan tidak terjadi insiden apa-apa lagi. Hingga detik ini, Kay masih minum ASI dan semoga tetap ASI hingga 2 tahun, amienn.. :)

Tidak ada komentar: